Berbagai Jenis Alas Kandang Ayam

Sabung Ayam Online – Saat beternak ayam tentu perlu dilakukan persiapan. Seperti persiapan pakan, kandang, obat-obatan dan juga litter atau alas kandang. Beternak dilingkungan warga tentu akan membuat orang-orang sekitar merasa terganggu dengan aroma yang tidak sedap dari kandang. Untuk itu diperlukan untuk tetap menjaga lingkungan dengan bersih. Salah satunya penggunaan alas pada kandang yang mampu meminimalisir bau kotoran pada kandang ayam. Ada berbagai jenis alas kandang ayam, yang bisa dijadikan alas untuk ayam kesayangan anda.

Berbagai Jenis Alas Kandang Ayam

Berbagai Jenis Alas Kandang Ayam Aduan

Alas kandang atau litter yang bagus adalah yang memiliki daya serap yang bai, bebas racun, murah dan juga banyak tersedia. Seperti beberapa bahan berikut dapat dijadikan sebagai alas kandang ayam aduan kesayangan anda.

Serbuk Gergaji

Daya serap serbuk gergaji dapat menyerap kotoran ayam pada kandang. Menggunakan serbuk gergaji juga tidak berdebu dan juga empuk sehingga tidak melukai kaki ayam. Selain itu serbuk gergaji mudah dan murah didapat. Apabila jika lokasi anda dekat dengan produsen mebel. Namun perlu diperhatikan bahwa serbuk gergaji atau serutan kayu tersebut tidak mengandung bahan kimia. Sebab kemungkinan serbuk kayu terdapat zat kimia berbahaya seperti borak yang digunakan untuk mengawetkan kayu.

Sekam Padi

Sekam padi memiliki daya serap yang lumayan bagus untuk dijadikan alas kandang ayam. Sehingga kandang ayam tidak lembab akibat kotoran yang menumpuk. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai ayam memakan sekam, karena akan membuat temboloknya tidak turun atau macet. Sekam padi yang bekas dijadikan alas kandang, bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang atau pupuk kompos.

Jerami

Manfaatkan batang padi yang telah dipanen untuk menjadi alas kandang ayam anda. Alas jerami bagus untuk menjaga suhu tubuh ayam untuk tetap hangat disaat beristirahat dimalam hari dan juga di musim hujan. Menggunakan jerami sebagai alas menjadikan kandang bebas dari debu, sehingga pernafasan ayam tidak terganggu. Dan juga jerami dapat menyerap kotoran, sehingga bau amoniak tidak terlalu menyengat. Gantilah selalu alas jerami apabila sudah basah karena kotoran ayam, agar kebersihan tetap terjaga. Jerami juga bagus untuk ayam betina yang bertelur, sebab dapat menjaga telur tetap hangat dan juga telur akan selalu bersih.

Pasir

Sudah banyak para bobotoh menggunakan pasir sebagai alas kandang umbaran ayam aduannya. Selain media ini mudah didapat, juga memiliki berbagai macam keuntungan. Seperti untuk membersihkan kaki ayam yang kotor, menetralisir suhu kandang, ramah lingkungan dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu juga berguna bagi tubuh ayam, ayam akan melakukan mandi kipu di pasir untuk meregangkan otot-ototnya yang kaku, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Pasir Dikandang Umbaran

Selain jenis alas kandang diatas, juga para peternak juga menggunakan kulit kacang, potongan kertas bekas, bonggol jagung dan lain sebagainya.

Itulah informasi dari situs judi sabung ayam online tentang berbagai jenis alas kandang ayam yang telah anda simak. Bagi anda pecinta sabung ayam atau ayam aduan, tentu anda tidak boleh melewatkan pertandingan sabung ayam yang tersedia di 12onlinegaming agen sabung ayam online terpercaya yang kami rekomendasikan. Tersedia arena dari berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak arena lainnya. Daftar segera dan dapatkan promo:

  • Bonus 100% kemenangan 7x beruntun
  • Bonus deposit 10%
  • Bonus cashback mingguan 5%
  • Bonus referral 5%

Baca Juga : Panduan Membuat Kandang Ayam Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *