Cara Mengatasi Dubur Ayam Keluar

Sabung Ayam Online – Dalam pemeliharaan ayam aduan, pastinya kita semua pernah mengalami saat ayam aduan kita sakit. Ayam memang sangat rentan terhadap penyakit tertentu. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk merawat ayam dengan baik agar ayam tidak mudah sakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah dubur ayam keluar. Berikut ini adalah cara mengatasi dubur ayam keluar.

Tips Mengatasi Dubur Ayam Keluar

Cara Mengatasi Dubur Ayam Keluar

Penyakit dubur ayam yang keluar biasanya dialami oleh ayam betina atau dara yang pada pertama kalinya bertelur. Mungkin bagi kalian berita tentang masalah dubur ayam sangat jarang ditemui.  Akan tetapi penyakit ini tidak dapat dianggap remeh, karena sebenarnya dubur yang keluar merupakan hal yang sangat serius dan harus diperhatikan. Berikut ini kita akan membahas penyebab dubur ayam keluar terlebih dahulu. 

Penyebab Dubur Ayam Keluar 

1. Bertelur Pada Usia Dini

Yang dimaksudkan adalah ayam yang seharusnya bertelur akan tetapi sudah bertelur lebih cepat sebelum waktunya. Hal ini tentu saja akan menyebabkan dubuh atau anus ayam keluar. ini disebabkan jaringan pengikat pada ayam belum matang dan kuat. Umumnya penyebab ayam bertelur lebih dini adalah karena diberikan pakan berlebihan sehingga ketika ayam berusia 5 bulan tubuh ayam sudah besar dan gemuk.

2. Kelebihan Asupan Protein

Protein yang berlebihan pada tubuh ayam bisa menjadikan telur ayam berukuran besar. ini menyebabkan telur sulit keluar dari tubuh ayam. Seperti yang kita ketahui, telur ayam terbentuk dari kalsium dan protein. Kalsium membantu pembentukan cangkang sedangkan protein sebagai pembantu pembentukan telur putih. Logikanya, semakin besar kandungan kalsium dan protein maka semakin besar juga bentuk telur yang akan dihasilkan.

Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab keluarnya anus pada dubur indukan betina karena ayam sangat kesulitan untuk mengeluarkan telur dengan ukuran yang cukup besar.

Cara Mengatasi Dubur Ayam Keluar

Jika dubur indukan betina keluar. hal pertama yang harus dilakukan adalah pisahkan ayam tersebut dari ayam yang lain agar duburnya tidak dipatuk oleh ayam yang lain. ini bertujuan untuk mencegah infeksi atau penyakit yang dapat menular. Jika dubur ayam sudah keluar dan ayam tetap dipaksa untuk bertelur, ini akan berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian.

Selanjutnya kita bisa memberikan obat supertetra yang terdapat di apotik. Berikan sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Kita juga dapat memberikan kunyit dan seperempat amoxilin juga dapat membantu penyembuhan pada dubur ayam.

Jika dalam waktu tiga hari dubur ayam tidak kempes maka kita dapat memberikan minyak tawon atau penincillin oil pada dubur ayam. Dalam proses penyembuhan, ayam sebaiknya diberikan makanan yang mudah dicerna agar proses pencernaan tetap berjalan lancar.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi dubur ayam keluar. Semoga bermanfaat.

Bagi kalian yang gemar bermain sabung ayam online, kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk menikmati permainan tersebut.

Promo-12onlinegaming

Baca juga : Cara Mengatasi Penyakit Kolera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *