Fungsi Limbah Kotoran Ayam

Semua ternak pastinya akan menghasilkan limbah atau kotoran yang perlu dibuang ulang agar tidak mencemari lingkungan. Setiap peternak yang memiliki ternak pastinya harus memikirkan limbah yang dihasilkan ternak tersebut. Salah satunya yaitu ayam. Ayam menjadi salah satu jenis unggas yang banyak diternakkan karena perawatannya lebih mudah dibandingkan jenis ternak yang lain. Selain itu, daging ayam juga banyak diminati dan menjadi salah satu makanan favorit oleh sekian banyak orang karena harga daging ayam yang juga terjangkau. Bagi yang memiliki ayam sebanyak seekor atau dua ekor saja, mungkin tidak akan terlalu memikirkan kotorannya karena jumlahnya yang sedikit dan mudah untuk dibuang. Namun bagi peternak yang memiliki peternakan ayam yang jumlah ayamnya cukup banyak, pastinya akan kesulitan untuk membuang atau mengelola limbah yang dihasilkan. Kotoran ayam yang banyak jumlahnya memerlukan pengelolaan yang tepat agar tidak terbuang dan mencemari lingkungan disekitarnya. Untuk itu, mengetahui apa saja fungsi limbah kotoran ayam yang belum diketahui, mari kita simak berikut ini.

Baca Juga : Solusi Membuat Pakan Ayam Organic

Beberapa Fungsi Limbah Kotoran Ayam

Fungsi Limbah Kotoran Ayam

Kotoran limbah ayam dapat dikelola dan juga dimanfaatkan agar tidak menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Diantaranya yaitu:

1. Diolah Menjadi Bio Gas

Bio gas adalah salah satu solusi yang terbaik untuk memanfaatkan limbah kotoran ayam. Karena dapat dijadikan sebagai pengganti gas elpiji. Kotoran ayam memiliki kandungan zat kimia yang sangat tingi dan juga memiliki kandungan nitrogen yang dapat menghasilkan zat metan atau metana yang berfungsi sebagai gas alam. Gas yang dihasilkan dari kotoran ini didapatkan dari proses pengolahan kotoran ayam melalui beberapa tahap seperti:

  • Memasukkan kotoran ayam beserta dengan air di dalam sebuah tangki pencerna agar menghasilkan bio gas.
  • Menambahkan kotoran ayam yang sebelumnya telah diproses tersendiri untuk dijadikan sebagai starter atau ragi untuk pembuatan bio gas. Karena sebenarnya, kotoran ayam merupakan jenis kotoran yang tidak memiliki kandungan mikroba di dalamnya. Penambahan kotoran ayam yang mengandung ragi ini dilakukan pada awal proses pembuatan bio gas tersebut.

2. Diolah Menjadi Pakan Ikan

Pengelolaan lainnya untuk mengatasi masalah limbah kotoran ayam yaitu dengan dijadikan sebagai pakan untuk hewan lainnya, yaitu ikan. Kotoran ayam yang diolah menjadi pakan ikan seperti lele, nila dan mujair adalah kotoran ayam yang sudah kering sehingga tidak berbau dan dapat mengapung. Apabila kotoran ayam tersebut tidak mengapung, ikan tidak akan memakannya.

3. Diolah Menjadi Pupuk

Kotoran ayam dapat dijadikan sebagai dua jenis pupuk, yaitu pupuk organik dan pupuk kompos. Kotoran dijadikan pupuk organik maupun pupuk kompos dapat membantu menyuburkan tanaman. Pengolahan kotoran ayam sebagai pupuk kompos bermanfaat untuk menjaga agar tanah tetap lembab. Pembuatan kotoran ayam menjadi pupuk kompos atau biasa disebut dengan pupuk bokashi dilakukan melalui proses fermentasi.

Sedangkan penggunaan kotoran ayam sebagai pupuk organik ini dapat langsung digunakan tanpa pengolahan terlebih dahulu seperti pupuk kompos. Pemanfaatan kotoran ayam sebagai pupuk organik berfungsi untuk  memecah bahan organik dalam tanah dan membantu lingkungan agar terhindar dari bahan kimia yang sebenarnya dapat merusak struktur tanah dan tanaman.

Itulah beberapa pemanfaatan yang baik untuk kotoran ayam yang perlu diketahui oleh para peternak ayam.

Agen 12sabung ayam menawarkan permainan taruhan Sabung Ayam Online yang dapat anda mainkan melalui smartphone dan juga komputer. Ayo gabung bersama kami di 12onlinegaming.

promo sabung ayam online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *