Hari Keberuntungan Ayam Menurut Primbon Jawa

Sabung Ayam Online – Dalam sabung ayam, sebelum ayam aduan akan diturunkan ke arena tentu kita harus mempersiapkan ayam aduan kita terlebih dahulu. Persiapan yang dilakukan biasanya adalah latihan fisik maupun abar. Akan tetapi selain itu, kita juga harus mengetahui tentang kapan waktu yang bagus untuk menandingkan ayam aduan kita. Kali ini kita akan membahas hari keberuntungan ayam menurut primbon jawa.

Mengetahui Hari Keberuntungan Ayam Menurut Primbon Jawa

Hari Keberuntungan Ayam Menurut Primbon Jawa
Ilustrasi Kalender Jawa

Banyak dari para botoh yang meyakini bila menandingkan ayam aduan di waktu yang tepat akan membawa keberuntungan bagi pemilik ayam maupun ayam itu sendiri. Untuk mengetahui hari keberuntungan tersebut, kita dapat melihat secara langsung di dalam buku primbon ayam aduan lengkap atau hitungan jawa. Buku primbon ini sendiri sudah diwariskan secara turun temurun dari kakek buyut.

Menurut buku primbon jawa, terdapat 5 hal yang harus diperhatikan sebelum melagakan ayam. Dibawah ini adalah hari keberuntungan sabung ayam menurut primbon jawa.

1. Nilai Warna Sisik Kaki Ayam

Hal pertama adalah dengan mengetahui nilai warna sisik kaki ayam kita. Dalam perhitungan primbon ayam aduan, bagian fisik pada ayam merupakan salah satu penentu keberuntungan dalam pertarungan. Dikatakan bagian fisik tersebut adalah warna sisik kaki si ayam. Warna sisik kaki ayam sendiri beragam. Setiap warna juga memiliki nilai hitungan tersendiri. Berikut adalah penjelasannya :

– Warna sisik kaki hitam memiliki nilai gangsal atau 5.

– Warna sisik kaki putih memiliki nilai pithu atau 6.

– Sisik kaki dengan motif hitam memiliki nilai gangsal atau 7.

– Warna sisik kaki hijau lumut memiliki nilai gangsal atau 8.

– Warna sisik kaki kuning memiliki nilai songo atau 9.

2. Nilai Neptu Weton Jawa

Selanjutnya adalah kita harus mengetahui nilai neptu weton jawa. Nilai neptu weton jawa adalah nilai hari dan nilai pasaran. Sesuai dengan kalender jawa, terdapat 7 nama hari dan 5 nama pasaran dan semuanya memiliki nilai yang berbeda.

3. Menentukan Hari Ayam Dilagakan

Sesuai dengan primbon ayam aduan, kita dapat menentukan hari baik ayam akan diadu. Untuk mengetahuinya kita harus menyesuaikan nilai warna kaki ayam dengan nilai pasaran serta harinya. Misal jika ayam kita memiliki sisik kaki berwarna kuning yang bernilai 9, maka kita dapat melagakan ayam pada hari dengan nilai 2×9= 18. Nilai neptu 18 sendiri hanya ditemukan pada hari sabtu pahing yang sama-sama bernilai 9.

4. Nilai Arah Angin

Berikutnya kita juga bisa mengetahui arah keberuntungan yang akan dipilih melagakan ayam. Caranya adalah kita dapat mengkalikan nilai warna kaki dengan 3. Untuk penghitungannya dimulai dari timur (1), selatan (2), barat (3), utara (4), kembali lagi ke timur (5), selatan (6), dan seperti itu seterusnya hingga hasil perkalian yang dihitung.

Contohnya jika kita memiliki ayam sisik kaki hitam yang bernilai 5, maka arah keberuntungan saat melagakan ayam adalah pada hitungan ke 5 x 3 = 15. Jadi arah keberuntungan kita adalah barat. Kita harus melepas ayam dari arah barat menghadap timur.

5. Warna Baju dan Pasaran

Kita juga harus menentukan warna pakaian yang akan kita pakai saat ayam akan berlaga. Untuk warna pakaian, caranya tidak sulit. kita hanya harus menyesuaikannya dengan pasaran seperti berikut :

– Pon menggunakan baju berwarna Kuning.

– Wage menggunakan baju berwarna Hitam.

– Kliwon menggunakan baju berwarna Hijau.

– Pahing menggunakan baju berwarna Merah.

– Legi menggunakan baju berwarna Putih.

Demikian pembahasan mengenai hari keberuntungan ayam menurut primbon jawa. Semoga bermanfaat.

Untuk kalian yang gemar bermain sabung ayam secara online, kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk bermain di situs kami.

Promo-12onlinegaming

Baca juga : Cara Menghitung Neptu Sabung Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *