Manfaat Pemberian Bawang Putih Dan Merah Untuk Ayam

Bawang putih atau bawang merah merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang sering digunakan untuk melengkapi suatu masakan. Namun ternyata khasiatnya tidak hanya berguna sebagai penyedap masakan, namun juga memiliki berbagai macam nutrisi yang terkandung. Selain untuk bumbu dapur, bawang putih dan merah juga berguna sebagai pengobatan berbagai macam dan hingga diberikan kepada ayam. Entah darimana asal mulanya bahwa bumbu dapur tersebut diberikan kepada ayam. Namun ternyata manfaat pemberian bawang putih dan merah untuk ayam terbukti sangat bermanfaat. Apa saja manfaat dari pemberian bawang putih dan merah kepada ayam, mari simak dibawah ini.

Berbagai Manfaat Pemberian Bawang Putih Dan Merah Untuk Ayam

Manfaat Pemberian Bawang Putih Dan Merah Untuk Ayam

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih dan bawang merah yang baik diberikan kepada ayam aduan maupun ayam ternak yang belum anda ketahui.

Bawang Putih

1. Melancarkan Peredaran Darah

Bawang putih dipercaya mampu melancarkan peredaran darah atau membuka pembuluh darah yang tersumbat akibat dari pertarungan sabung ayam.

2. Mengobati Manikan

Bawang putih juga dipercaya mengandung zat anti radang, yang berfungsi untuk mengobati ayam yang mengalami radang pada tenggorokannya atau yang biasa disebut dengan manikan.

3. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah dapat meredakan nyeri otot pada ayam. Biasanya diberikan kepada ayam yang sehabis bertarung atau setelah melakukan latihan fisik.

4. Menyembuhkan Korep

Bawang putih juga diyakini memiliki kandungan zat anti bakteri yang mampu mengobati penyakit korep. Penyakit korep itu sendiri biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun infeksi pada luka luar.

5. Mengobati Ngorok

Ngorok adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menempel dan menyerang pada tenggorokan ayam. Zat anti-bakteri yang terkandung didalam bawang putih juga diyakini dapat menghilangkan ngorok pada ayam.

Bawang Merah

1. Sebagai Penambah Energi

Setiap 100 gram bawang merah ternyata memiliki kandungan energi sekitar 166 kj. Sehingga sangat cocok untuk diberikan kepada ayam aduan yang menggunakan stamina lebih untuk bertarung.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat bawang merah juga terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan. Apabila ayam terlihat pucat, lesu, yang disertai dengan berak kapur, sebaiknya segera diberikan bawang merah, agar gangguan pencernaan dapat segera teratasi.

3. Mengobati Luka

Biasanya sering terjadi pada ayam aduan yang telah melakukan pertarungan sabung ayam. Jarang ayam sehabis bertarung tidak memiliki luka luar. Untuk itu, jika ayam memiliki luka luar, sebaiknya segera ambil bawang merah dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan air secukupnya. Dan kemudian bersihkan dan kompres bagian yang terluka dengan air bekas rebusan tersebut, cara ini sudah banyak dipraktekkan oleh para bobotoh sabung ayam.

4. Mengobati Ngorok

Manfaat bawang merah sama dengan manfaat bawang putih yaitu dapat mengobati ngorok pada ayam. Kandungan minyak dalam bawang merah dipercaya sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ngorok pada ayam.

5. Mengobati Cacingan

Jika ayam anda mengalami cacingan yang ditandai dengan nafsu makan menurun, ayam terlihat lemah, lesu. Maka solusinya adalah segera memberikan bawang merah, karena bawang merah dapat membantu mengeluarkan kotoran serta cacing pada ayam.

6. Mengobati Bubul Ayam

Anak ayam ataupun ayam dewasa yang terkena bubul, harus segera diobati dengan menggunakan bawang merah. Caranya yaitu potong bawang merah menjadi dua, kemudian oleskan cairannya pada kaki ayam yang bubulan secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa manfaat yang baik untuk ayam yang perlu anda coba.

Baca Juga : Solusi Membuat Pakan Ayam Organic

Agen 12sabung ayam menawarkan permainan taruhan Sabung Ayam Online yang dapat anda mainkan melalui smartphone dan juga komputer. Ayo gabung bersama kami di 12onlinegaming.

promo sabung ayam online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *