Memahami Pentingnya Kualitas Udara Di Kandang Ayam

Dalam melakukan proses pembakaran energi dari makanan, baik itu hewan maupun manusia membutuhkan kandungan oksigen yang terdapat di dalam udara. Namun, dalam situasi budidaya yang dilakukan oleh para peternak, seringkali kualitas udara yang dihasilkan di dalam kandang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh ayam. Hal itu dapat membuat produk peternakan ayam tidak mampu mencapai nilai yang optimal. Untuk itu, para peternak perlu memahami pentingnya kualitas udara di kandang ayam.

Jika sirkulasi udara di dalam kandang buruk secara terus menerus, akan meningkatkan resiko mudah terjangkit berbagai penyakit yang menyerang pernapasan. Tantangan produksi ayam ras pedaging saat ini yaitu perubahan iklim yang tidak menentu. Perbedaan suhu yang tinggi antara siang dan malam, serta tingkat kelembapan yang realitf tinggi. Ketiga tantangan ini berdampak langsung pada performa ayam broiler.

Memahami Pentingnya Kualitas Udara Di Kandang Ayam Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Memahami Pentingnya Kualitas Udara Di Kandang Ayam

Berbagai macam penyakit seperti ND, IBD, colibasilosis, cholera dan beberapa penyakit lainnya yang disebabkan akibat kondisi lingkungan yang tidak memadai. Jika sudah terjangkit penyakit, maka tentunya akan mengurangi potensi hasil dari ternak. Bahkan peternak mungkin harus menutup ternaknya karena tidak bisa menjual ayam yang terkena wabah penyakit.

Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan oksigen yang baik bagi para ternak. Oleh karena itu, peternak harus memerhatikan manajemen ventikasi udara agar perputaran udara dalam ruang kandang selalu terjaga dengan baik. Adanya ventilasi tersebut juga berfungsi untuk mengurangi suhu yang panas di dalam kandang. Kelembapan udara yang berlebihan dan kontaminasi udara ke batas toleransi yang memungkinkan. Jika ventilasi sudah baik, maka pasokan oksigen akan optimal dan konstentrasi dari penyakit yang berada di udara juga semakin berkurang.

Selain itu, ventilasi udara mampu menghilangkan kelebihan panas, debu dan bau dari bangunan. Disaat yang bersamaan dapat membantu mengurangi organisme pembawa penyakit yang melayang di udara. Ventilasi juga berguna untuk mengalirkan udara segar dari lingkungan menuju ruangan dalam intensitas sesuai kebutuhan dan membuang udara yang berlebih dan juga udara yang kotor dari ruangan. Sehingga ventilasi dapat meminimalkan gas yang berbahata dan mengoptimalkan distribusi udara di dalam kandang. Sistem ventilasi yang tepat dapat meningkatkan kesehatan, kenyamanan bagi ternak dan efisiensi untuk penggunaan ransum.

Baca Juga : Tips Beternak Ayam Dengan Kandang Umbaran

 

Agen 12sabung ayam menawarkan permainan taruhan Sabung Ayam Online yang dapat anda mainkan melalui smartphone dan juga komputer. Ayo gabung bersama kami di 12onlinegaming.

promo sabung ayam online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *