Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Setiap hewan mempunyai keunikan dari suaranya masing-masing. Seperti anjing mengonggong artinya seseorang tak dikenal telah memasuki wilayahnya. Namun pernahkah anda mendengar kokok ayam di pagi hari, tentu anda sering mendengarnya, apalagi jika anda tinggal di pedesaan. Namun taukah anda mengapa ayam berkokok di pagi hari?, tidak hanya sekali berkokok, namun setiap pagi hari ayam selalu berkokok. Untuk mengetahui alasannya, mari kita simak berikut ini.

Beberapa Alasan Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Kokokan Ayam Paling Keras Saat Menyambut Fajar

Ayam, sebenarnya berkokok sepanjang hari, namun biasanya kokokan ayam di pagi hari lah yang paling keras. Mengapa demikian?

Sekelompok ayam diberi perlakuan lingkungan di mana mereka disinari selama 12 jam, kemudian gelap selama 12 jam. Sebagaimana yang diduga, para ayam memang mengantisipasi cahayanya. Umumnya mereka mulai berkokok sebelum fajar sekitar 2 jam sebelum cahaya matahari muncul.

Ayam Berkokok Juga Untuk Berkomunikasi

Kokokan ayam juga digunakan sebagai kode kepada ayam lain terkait daerah kekuasaannya. Kokokan ayam bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan jenis unggas yang lain. Bahkan di waktu tertentu bisa sebagai bentuk cara mereka merayakan sesuatu.

Observasi menarik lainnya adalah ayam yang paling dominan adalah yang akan mulai berkokok fajar.Yang mendukung teori bahwa salah satu fungsi berkokok itu untuk menentukan daerah kekuasaan dan menunjukkan dominasi. Riset mengatakan bahwa data awalnya menunjukkan ayam dengan kualitas terbaik di koloninya akan yang memulai paling awal berkokok saat fajar. Sedangkan ayam kelas di bawahnya akan dengan sabar menunggu kemudian baru berkokok menyusul si pemimpin.

Ayam Tidak Bisa Dikecoh

Walaupun ayam sudah berusaha dikecoh dengan cahaya dan suara, ayam tetap melakukan kokok fajarnya di waktu yang sama setiap hari. 

Ini tanda mereka memiliki jam internal biologis dalam tubuh. Ketika tim riset mencoba untuk mengecoh para ayam dengan secara acak dan memberikan cahaya terang ataupun suara keras pada waktu berbeda-beda. Walau memang memicu berkokok ringan, namun mereka secara konstan tetap melakukan berkokok fajar yang keras pada waktu fajar sebelum matahari terbit.

Tim riset  menyimpulkan bahwa para ayam pasti memiliki jam alami dalam tubuh. Yang mengatakan kapan mereka harus berkokok dengan gagah serta lantang. Lebih jauh lagi, mengingat bahwa para ayam tak bisa dikecoh agar berkokok di waktu lain selain fajar. Para peneliti menyimpulkan bahwa jam internal tubuh mereka lebih menguasai tubuh mereka daripada gangguan eksternal.

Baca Juga : Misteri Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Bagi anda penggemar olahraga Sabung Ayam Online, anda bisa bermain di dalam situs kami di 12onlinegaming.

promo sabung ayam online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *