Mengenal Penyakit Pullorum Pada Ayam

Sabung Ayam Online – Pullorum atau yang biasa disebut sebagai penyakit berak kapur merupakan penyakit yang diakibatkan virus bakteri bernama salmonella pullorum. Penyakit ini juga adalah salah satu penyakit yang dapat menular dengan sebutan berak kapur. Penyakit ini juga dapat menimbulkan kematian yang tinggi pada anakan ayam berusia 1-10 hari. Pada kali ini kita akan mengenal penyakit pullorum pada ayam.

Mengetahui Tentang Penyakit Pullorum Pada Ayam

Mengenal Penyakit Pullorum Pada Ayam

Di indonesia sendiri penyakit pullorum merupakan penyakit yang seringkali didapati pada ayam mereka. Meskipun penyakit ini dapat menyerang ayam disegala usia, namun tingkat kematian yang paling tinggi lebih banyak pada ayam yang baru menetas. Tingkat kematian pada anakan ayam menurut informasi dapat mencapai 90%. Dibawah ini kita akan mengenal penyakit pullorum pada ayam lebih banyak lagi.

Gejala Penyakit Pullorum Pada Ayam

Gejala penyakit pullorum dapat diketahui dari ayam yang nafsu makannya menurun dan lemas setiap saat. Selain itu bisa juga dilihat dari kotorannya yang seperti kapur dan sekitar dubur terdapat kloaka yang sudah kering dan berwarna putih. Pada beberapa kasus parah ayam yang terserang penyakit ini memiliki jengger yang berwarna keabuan, mata menutup, sayap menggantung, bulu kusam dan lumpuh.

Penularan Penyakit Pullorum Pada Ayam

Penyebaran penyakit ini dapat berjalan secara vertikal atau horizontal. Yang dimaksudkan dengan vertikal adalah melalui induk dan pada anaknya melalui telur. Sedangkan penularan secara horizontal dibagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

• Penularan secara langsung secara kontak langsung dengan unggas yang sudah terkontaminasi dengan penyakit tersebut.

• Penularan secara tidak langsung dapat melalui kontak langsung dengan peralatan, kandangdan litter yang telah terkontaminasi.

Cara Mengobati Penyakit Pullorum Pada Ayam

Dalam rangka mengobati penyakit pullorum, kita dapat mengobatinya dengan pemberian antibiotik untuk ayam seperti coccilin, tetra, furozolidon dll. Akan tetapi obat tersebut hanya mencegah ayam kita mati, obat ini tidak dapat menghilangkan infeksi penyakit itu. Menurut saran dari para bebotoh, bila penyakit yang diderita ayam kita bersifat menular, maka ayam tersebut harus segera dimusnahkan. Hal ini bertujuan agar penyakit tidak menular ke ayam lainnya.

Sekian penjelasan tentang mengenal penyakit pullorum pada ayam. Semoga bermanfaat.

Bagi para botoh yang gemar bermain sabung ayam online s128 dan sv388, kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk menikmati permainan tersebut.

12onlinegamingdotvip

 

Baca juga : Obat Herbal Patikan Untuk Ayam Berak Darah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *