Pakan Alami Untuk Ayam Aduan

Makanan adalah zat yang dikonsumsi untuk memberikan nutrisi pada suatu organisme. Makanan biasa berasal dari hewan atau tumbuhan, dan kandungan dalam makanan menghasilkan nutrisi penting seperti mineral, protein, karbohidrat, vitamin dan lemak.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang makanan ayam atau biasa disebut dengan pakan. Biasanya ayam mengkonsumsi yang namanya pur, namun biasanya pur ayam dibuat oleh buatan pabrik dengan patokan harga yang lumayan mahal.

Namun kali ini anda bisa membuat pakan ayam sendiri dengan menggunakan bahan alami dari tumbuh-tumbuhan dan kandungan gizi terdapat dalam bahan alami tidak kalah jauh dengan pur ayam. Untuk menghemat biaya dengan membuat pakan alami, ketahuilah cara membuat pakan alami untuk ayam ternak atau ayam aduan.

Siapkan bahan-bahan berikut untuk membuat pakan alami:

  • Daun pepaya
  • Daun pisang muda
  • Jahe merah bubuk
  • kunyit
  • Bekatul
  • Nasi putih sisa
  • Jagung rebus

Cuci semua bahan, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.

Ambil bagian daun pisang pisahkan dari pelepahnya, kemudian potong-potong bersama daun pepaya. Setelah semua dipotong, masukkan kedalam panci yang berisi secukup air lalu masukkan segenggam garam, masak hingga bahan layu lalu saring/tiriskan. Lalu masukkan jahe merah bubuk, kunyit, campuran bekatul dan nasi sisa kedalam bahan rebusan tadi. Lalu tambahkan air secukupnya. Disaat pakan ayam sudah selesai, tambahkan jagung rebus yang sudah di parut, aduk sampai semua bahan menjadi satu maka pakan sudah siap diberikan ke ayam.

Selain menggunakan bahan alami seperti diatas, anda juga bisa menggunakan bahan yang lain seperti:

  • Bahan nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan, beras merah, dedak, ampas tahu
  • Bahan hewani seperti bekicot, keong, cicak, cacing tanah, tepung tulang, tepung ikan

1. Bahan seperti biji-bijian perlu direndam terlebih dahulu agar mudah digiling nantinya, setelah selesai digiling, sisihkan.

2. Buah dan Sayuran perlu diiiris kecil-kecil agar mudah dicerna nantinya oleh ayam.

3. Campur dedak, air gula, buah, sayuran, dan juga biji-bijian yang sudah digiling halus. Tambahkan tepung tulang atau tepung ikan, setelah tercampur rata, berikan langsung kepada ayam untuk dimakan, jika ingin menyimpan stock pakan, perlu dikukus terlebih dahulu agar paka tidak rusak/basi.

4. Jika anda sudah mengkukusnya, segera dijemur dibawah terik matahari dan sebelum anda menyimpan pakan yang telah dijemur, pastikan benar-benar kering sebelum disimpan.

Itulah pakan alami untuk makanan ayam aduan maupun unggas lainnya yang anda pelihara, sekarang anda tidak perlu membeli lagi pur ayam yang mahal dan pakan terbebas dari bahan pengawet.

Baca Juga: Manfaat Pakan Bagi Ayam Petarung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *