Tips Agar Ayam Adu Tetap Sehat dan Fit

Sobat sabung sering kali melihat bahwa terkadang ayam anda terlihat lemas dan kurang nafsu makan?  jika begitu bisa disimpulkan kalau ayam anda mungkin sedang sakit atau tidak fit. Maka kali ini saya akan membagikan tips agar ayam adu tetap sehat dan fit versi 12sabungayam.info.

1. Menyediakan pakan ayam secukupnya

untuk penyediaan pakan pada ayam hanyalah secukupnya. jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, sesuaikan dengan menggunakan takaran atau disesuaikan dengan bobot tubuh si ayam tersebut. Selain dari bobot tubuh, juga harus diperhatikan untuk pakan ayam yang besar dengan pakan ayam yang masih kecil. Bahkan terkadang ayam yang dewasa pun berbeda sesuai dengan keinginan si peternak.

Biasanya jika untuk ayam aduan biasanya akan ditambahkan jagung utuh pada pakannya guna untuk melatih paruh ayam adu agar menjadi lebih kuat. Selain diberikan pakan, ayam adu juga harus diberi vitamin dan suplemen agar lebih sehat dan kuat. Untuk pemberian vitamin dan suplemen biasanya akan lebih bagus pada saat malam hari, karena pada saat malam hari ayam biasanya dalam keadaan yang tenang sehingga vitamin dan suplemen yang diberikan dapat dicerna dengan baik oleh ayam adu.

2. Dimandikan dengan rutin

Memandikan ayam juga termasuk dalam tips agar ayam adu tetap sehat dan fit, bukan hanya supaya ayam memperoleh penampilan yang menarik dan cantik saja, tapi juga supaya ayam tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Kebersihan pada ayam juga dapat mempengaruhi performa ayam ketika sedang akan bertarung.

Dalam memandikan ayam perlu juga diperhatikan waktu-waktu yang tepat dan baik. Waktu yang tepat adalah pukul 8 pagi. Namun harus diperhatikan juga kondisi cuacanya. Jika cuaca sedang hujan jangan dimandikan. Dalam memandikan ayam pun ada cara-caranya, tidak sembarang dimandikan. Jika ingin memandikan ayam harus menggunakan air yang bersih dari sumur, jangan menggunakan sabun, jangan memakai air hangat karna biasanya air hangat akan merusak sel dan jaringan pertumbuhan bulu ayam.

3. Penjemuran

Menjemur biasanya dilakukan setelah ayam selesai dimandikan dengan memasukkan ayam pada kurungan yang berbentuk bulat, kemudian diletakkan dibawah sinar matahari pagi. Dan untuk berjaga-jaga pada bagian bawah kurungan diberikan alas agar ayam tidak berguling dan menjadi kotor lagi.

Waktu yang tepat untuk melakukan penjemuran pada ayam adalah sekitar pukul 8 – 10 pagi. Selain karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan tulang, sinar matahari juga bermanfaat untuk pertumbuhan bulu pada ayam. Penjemuran juga bermanfaat agar si ayam tetap sehat dan fit. Selain itu melakukan penjemuran pada ayam juga berfungsi membentuk stamina ayam dan menghilangkan lemak yang terdapat pada tubuh si ayam. Dan harus diperhatikan juga untuk ayam yang masih muda jangan dilanjutkan bila ayam tersebut tidak sanggup lagi dan dilanjutkan esok.

4. Latihan Fisik

 

Tujuan latihan fisik adalah untuk melatih serta membentuk otot pada ayam adu kita. Selain melatih otot, latihan fisik juga berguna untuk melatih pernafasan pada ayam. biasanya latihan fisik yang dilakukan adalah latihan renang, kilter,dan melompat. Perlu diperhatikan, jangan melatih ayam secara berlebihan, karena tidak akan membuat ayam menjadi lebih kuat tetapi malah membuat ayam lelah dan bisa merusak ayam sobat sekalian.

Demikian tips agar ayam adu tetap sehat dan fit versi 12sabungayam.info. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *